Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

KURIKULUM

Kurikulum SMPIT-THI merupakan kurikulum yang terpadu antara kurikulum inti sekolah (Pendidikan Islam) dengan kurikulum nasional. Perpaduan kurikulum ini menempatkan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai dasar dan panduan “yang paling tinggi” dari yang lainnya serta menjadikannya sumber dari segala keahlian, ilmu pengetahuan dan teknologi. 

SMPIT-THI juga menerapkan model Holistic Learning Comprehensif, menyelenggarakan pendidikan holistik yang berbasis pada multi pendekatan, seperti pendekatan psikologi, pendekatan karakter, pendekatan sosial, emosional, spiritual, intelektual, dan teknologi. 

Tujuan pendidikan holistik membantu mengembangkan potensi individu dalam suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menggairahkan, demokratis dan humanis melalui pengalaman dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Melalui pendidikan holistik, peserta didik diharapkan dapat menjadi dirinya sendiri (learning to be). Dalam arti dapat memperoleh kebebasan psikologis, mengambil keputusan yang baik, belajar melalui cara yang sesuai dengan dirinya, memperoleh kecakapan sosial, serta dapat mengembangkan karakter dan emosionalnya.

Pada pendidikan holistik, proses pembelajaran menjadi tanggungjawab personal sekaligus tanggungjawab kolektif. Oleh karena itu, strategi pembelajaran lebih diarahkan pada bagaimana mengajar dan bagaimana orang belajar. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan strategi pembelajaran holistik, diantaranya :
  1. Menggunakan pendekatan pembelajaran transformatif,
  2. Prosedur pembelajaran yang fleksibel,
  3. Pemecahan masalah melalui lintas disiplin ilmu,
  4. Pembelajaran yang bermakna, dan Pembelajaran melibatkan komunitas dimana individu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About